About Me

Foto saya
Hanya orang biasa yang menyempatkan untuk berkarya.

Jumlah yang sudah singgah

Minggu, 12 Oktober 2014

Hal-Hal yang Wajib Dilakukan di SMA

Makin ke sini aku jadi ngerti, kenapa dari jaman dulu orang-orang tua selalu bilang, "Masa yang paling indah cuma di SMA." Kenapa gak di SD, SMP, atau Kampus. Yap, jawaban ini akan kita temukan saat udah ninggalin yang namanya kehidupan SMA. Buat pembaca postingan ini, khususnya yang masih jadi anak SMA, aku saranin kalian buang jauh-jauh tentang konsep pemikiran: "Kuliah lebih asik daripada sekolah."

Waktu di SMA kalau kita gak masuk walau sekali aja ditanyain. Pas kuliah gak masuk sekali, dicuekin. Kalau udah lebih dari tiga kali, gak boleh ikut ujian. Di SMA kalau gak belajar pas ujian masih bisa tenang, tapi kalau kuliah gak belajar pas ujian ya tau sendiri, minimal ngulang tahun depan..



Sebetulnya masih banyak lagi yang membuat SMA tampak lebih mudah dari Kuliah, tapi bukan itu yang mau aku bahas di sini. Aku mau pembaca yang masih SMA gak nyia-nyiain masa SMA-nya gitu aja. Aku mau ngasi tips biar masa SMA kalian bisa dikenang indah dan gak terasa sia-sia karena nyesel gak ngelakuin ini-itu. 

Jadi, biar masa SMA kalian berkesan, menurut aku kalian harus ngelakuin hal-hal ini biar gak nyesel:

1. Datang Telat

Buat yang gak pernah datang telat ke sekolah, nyesel banget. Bukannya sesat justru rugi aja kalau gak pernah datang telat. Lucu-lucunya datang telat ini pas kita dikasi hukuman sama guru. Apalagi telatnya bareng gebetan. Beh.. itu keren abis. Sayangnya, dulu aku gak pernah dihukum gini. Bukannya gak pernah telat, tapi guru-guru terlalu toleransi sama aku. Yaa mungkin mereka merasa kasihan pas ngeliat muka aku...

2. Ngerjain PR Pagi-pagi

Ini kerap kali terjadi di generasi tahun berapapun. Belum lengkap kehidupan seorang siswa kalau gak pernah datang pagi-pagi cuma buat nyalin PR teman. Biasanya kalo ada PR di jam pertama, temen paling pinter sengajaan datang agak telat karena tau PR-nya bakal jadi bulan-bulanan. Kalau kalian punya temen kayak gini, kalian pijak aja. Orang kayak gitu gak pantas dijadiin temen.

3. Bolos jam pelajaran

Bolos paling kreatif adalah bolos jam pelajaran. Gak perlu bolos satu harian dan menciptakan resiko dipanggil orang tua. Cukup dengan permisi pas jam pelajaran dan gak balik-balik, itu udah keren abis. Kalau gak berani atau belum ngelakuin ini, kalian cupu!

4. Nyontek

Rasanya semua pasti udah pernah nyontek. Tapi ada juga orang-orang tertentu yang mengikrarkan diri untuk gak nyontek, ataupun memberi contekan. Biasanya tipe makhluk kayak gini duduknya pas ulangan itu paling depan, deket meja guru, dan kalau dipanggil dia pura-pura budeg. Kalau punya temen kayak gini, kalian sumpahin aja budeg beneran.

5. Ngutang di Kantin

Kalo gak pernah ngutang di kantin, berarti belum gaul. Ngutanglah sebelum ngutang itu diharamkan FPI. Buat kalian yang gak pernah ngutang di kantin, ngutanglah. Meskipun kalian banyak duit, cobain sensasi ngutang. Rasakan sensasi ditagih-tagih bude kantin. Tapi inget, jangan sampe gak dibayar. Tujuan ngutang ini biar kalian bisa diinget sama bude kantin. Jadi, pas bude kantin udah kenal sama kalian, nah porsi kalian kadang-kadang bisa request dibanyakin. Tips.

6. Tidur di Kelas

Pilihlah tempat duduk paling belakang untuk ngelakuin trik ini. Jangan paling depan, karena resiko ketahuan lebih besar. Tapi ada juga kalanya guru yang toleransi tinggi ngebiarin kalian tidur pas jam pelajaran dia. Ingat, tidurnya jangan kelamaan... Ntar jadinya kayak teman aku dulu ini.

Foto ini bukan rekayasa

7. Nongkrong

Jam istirahat atau pas udah pulang wajib nongkrong dulu. Jangan abis dari kantin langsung masuk kelas, atau pas pulang langsung tancap gas,  karena itu bisa bikin kalian kuper. Kalau nongkrong, kita bisa banyakin teman. Apalagi pas ada yang bawa gitar, lebih asik lagi bisa nyanyi-nyanyi. Sebisa mungkin nongkrong jangan sama temen sekelas. Nongkrong sama kelas lain atau gerombolan seru yang bukan temen dekat. Paling seru sama gerombolan anak-anak iseng, pengalaman main sama orang kayak gitu gak bakal bisa dilupain.

8. Punya pacar

Masa SMA bisa dibilang masa yang paling mudah untuk punya pacar. Buat laki-laki, tinggal bawa motor keren, atau mobil punya bokap, kalian udah bisa keren. Buat perempuan, sering-sering ke salon, terus perawatan, kalian udah jadi menarik di mata laki-laki. Beda banget dengan kehidupan selepas SMA. Yang laki-laki harus punya komitmen, karir, dan visi yang jelas untuk ke depannya dan mampu meyakinkan perempuan. Yang perempuan kalau udah lepas masa SMA biasanya standar-nya naik. Dari yang dulu bisa bawa mobil bokap udah bisa narik perhatian, sekarang naikin standar ke yang udah bisa beli mobil sendiri. Umur 23, biasanya perempuan yang belum punya pasangan atau punya pasangan tapi belum mapan bakal gelisah. Soalnya mereka udah mulai dituntut buat nikah. Pasangannya juga harus jelas gini-gini. Gak sedikit juga hubungan yang putus di tengah jalan gara-gara yang laki-laki gak siap buat nikah. Biasanya ini terjadi buat pasangan yang seumuran. Jadi, selagi masih SMA, carilah pacar.

Itu dulu deh saran dari aku untuk kalian yang masih sekolah. Mungkin yang lain juga punya saran menarik. Bisa sharing di comment, atau mention twitter aku @SeptianArifandi, atau boleh juga kirim lewat BBM: 7FC0F4EB, nanti bakalan aku edit dan tambahin lagi di post ini.

4 komentar:

  1. yeeee udah pernah semuanyaaaa~~~~~~~

    BalasHapus
  2. semua tipsnya udah adat-istiadat disekolah :D
    apalagi pas ngasih teman teh es yg udh dicampur saus sambal, kecap manis + cabe kutu dikantin bude. seruuu abisssss :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu kami mainnya garam. Teh manis jadi teh asin ._.

      Hapus