About Me

Foto saya
Hanya orang biasa yang menyempatkan untuk berkarya.

Jumlah yang sudah singgah

Selasa, 06 Maret 2018

Ulang Tahun

Hellowz Allz..

Beberapa tahun terakhir aku gak pernah ngelewatin momen satu kali seumur hidup ini tanpa menuliskannya di blog. Aku biasanya bakal ngepost satu tulisan yang menceritakan apa yang sudah terjadi di umur aku yang sebelumnya dan apa yang bakal aku lakuin untuk di umur yang baru, seperti di postingan sebelumnya, untuk penanda ataupun checkpoint.

Nah ulang tahun kemarin agak berbeda. Aku melewati ulang tahun ke-21 di lokasi KKN, yaitu di Kab.Bengkalis. Ulang tahunku tanggal 13 Juli, dan KKN baru mulai tanggal 10. Artinya aku ngelewatin ulang tahun dengan orang asing yang baru aku kenal selama lebih kurang tiga hari, dan pastinya gak tau ulang tahun aku kapan. So, I don't expect anything.

Nyatanya semua di luar dugaan.

Secara brengsek, temen-temen KKN ngerjain aku selama dua hari untuk dimarah-marahin dan disalah-salahin doang. Misalnya, aku bangun agak telat dikit, diomelin. Posko kotor, padahal bukan aku pelakunya, aku yang disalahin. Aku mau keluar pakai motor gak boleh, padahal itu motor aku sendiri. 

Ternyata selama dua hari itu aku emang diospek. Puncaknya di malam hari tanggal 13 Juli, aku dibantai abis-abisan dengan ceplokan telor. Mana kalo di desa mandinya susah, bangsaaaattt.. Ya iya sih endingnya dinyanyiin selamat ulang tahun, sama dikasi kue, tapi gak ada yang kasi kecupan, padahal kan lagi pengen. Hehehehe.

Begitulah ulang tahun di Indonesia. Yang ulang tahun bukannya disenengin dengan ngasi dia hal-hal yang dia mau, eh malah dibantai rame-rame dengan kebangsatan yang kadang-kadang di luar nalar. Kalau gini, bawaannya pengen pindah ke Trinidad & Tobago aja.


Aku sih bukan orang yang pengen banget dikasi kado yang berupa materi gitu. Doa dan ucapan aja udah bikin seneng. Buat orang-orang tertentu, kadang untuk sekedar ingat kalo hari itu hari ulangtahunku aja udah seneng.

Yap, ada cukup banyak orang yang ngucapin selamat dan ngasi doa-doa semacamnya. Tapi entah kenapa kalau dia enggak ngucapin aku malah ngerasa kurang.

Jangankan untuk ngucapin, untuk sekedar ingat aja, kayaknya enggak.

Dia yang kita nggak usah sebut namanya ini, emang seseorang yang paling penting di kehidupan aku. Setidaknya untuk beberapa tahun belakangan. Karena ada satu dan lain hal, dia akhirnya emang bener-bener putus komunikasi dengan aku. Untuk sekedar berteman di sosial media aja enggak, apalagi di kehidupan nyata. She was gone.

Kecewa sih awalnya, tapi belakangan baru sadar, kalau gitu artinya kan aku gak penting lagi ya di kehidupan dia. Eh ya tapi emang gak pernah dianggep penting juga. Lol.

Sebulan setelahnya, giliran dia yang ulang tahun. Sialnya, aku malah inget dengan pasti kapan dia ulang tahun dan ngelakuin hal gila. Sebagai seorang yang hobi ngebikin video, aku punya banyak pengalaman dalam ngebikin video ucapan selamat ulang tahun dengan jenis yang berbeda. Aku pernah bikin one shot video, stopmotion, compilation, tapi gak pernah bikin yang cinematic. Iya pokoknya orang mah kalo pen ngasi video ke pacarnya minta tolong aku gitu.

Ide kali ini agak sedikit beda dan karena di Bengkalis ada pantai, jadi deh aku melaksanakan idenya. Di video nanti rencananya ada salah satu footage yang nyorot pantai dengan nama dia yang dihapus ombak gitu. Tapi nanti diedit dan dibikin rewind. 

Jarak dari desa aku ke pantai, sekitar 45-60 menit. Karena pengennya ada sunset juga, jadilah aku berangkat sore-sore sekitar pukul 5. Aku pergi sendiri ngelaksanain ide gila ini, padahal gak tau-tau banget sama Bengkalis. Temen aku diajakin pada gak mau. Katanya jauh, capek, pengen nyuci baju, ada aja alasannya.

Yaudah.

Sesuatu yang gak aku pikirin dari awal malah kejadian. Dengan brengseknya lautnya pasang. Huaaaaaahhhhh -____- 

Pasir pantai nggak ada keliatan sama sekali. Sekeliling cuma aer. Gimana mau nulis-nulis. Ya kali di jidat.

Satu ide adegan habis. Aku kepaksa ngerekam video ucapan selamat dengan aku yang berlatarkan sunset. Karena dikerjakan sendiri dan gak ada tripod jadi deh pakai selfie, penuh rintangan dan kealayan memang.

Dalem hati sih ngomong, 'Kok sulit amat yak. Alam aja udah gak restui gini.'

Tapi dengan keyakinan teguh kalau dengan ngebikin video ucapan ulang tahun macem gini bisa ngebalikin komunikasi kami, setidaknya walau gak sedekat dulu, kami masih bisa saling sapa.

Iye, saling sapa aja dulu, kalau saling sayang ntar diusahain.

Setelah semua video yang dibutuhkan dirasa cukup, aku balik deh ke posko. Nah kesialan lain datang lagi.

Dosenku di kampus, pengen datang ke Bengkalis, buat penelitian, dan mahasiswa yang dia tau KKN di Bengkalis cuma aku. Jadi saat dalam perjalanan pulang ke posko, ditelpon terus-terusan. Dimintai tolong ini-itu, jadinya aku muter-muter ke desa sana desa sini sampai malam buat nyari informasi yang dibutuhin sama dosen aku tadi.

Ya gimana. Kalo gak ditolong bisa-bisa nanti nilaiku dikasi jelek lagi. Cukup penampilan aja yang jelek, IPK jangan.

Tanpa sadar hari udah jam 9 malem aja. Sampai di desa udah kecapean banget. Eh tau-tau ditelpon sama pemuda setempat buat dateng ke rapat persiapan tujuh belasan. Hadeeehh..

Aku sih pengen gak datang aja, tapi temen-temen pada gak boleh aku di rumah. Katanya, kan yang paling deket sama abang-abang pemuda sana cuma aku, jadi takutnya kalo gak ada aku malah nanti garing.

Pukul 11 malam baru kelar deh itu. Salah satu pemuda ngajakin aku ke kota buat ke warnet main poker sambil masang parlay. Yaaahh kepaksa deh nolak karena inget belum edit videonya sama sekali.

Tapi abang itu tetep maksa dan katanya dia kalo menang ntar traktir aku. Huaaa. Jadi tergoda.

Dengan segala macem alasan akhirnya aku bisa balik pukul 12 lebih dikit.

VIDEO ENGGAK JADI.

Akhirnya plan C bertindak.

Aku telpon aja ah dia. Pas mau nelpon baru inget, kalo aku udah gapunya nomor hapenya lagi. Huaaaaaa :"

Buru-buru ngechat temennya yang aku kenal dekat, buat minta nomor hape dia. Mana ngechat juga butuh sinyal. Di desa aku, di posko, jaringan internet cuma ada dekat pohon pisang di halaman. Selebih dari itu kagak bakalan dapat. Entah apa magisnya pohon itu.

Sambil ditemenin pohon pisang ajaib jam 12 malem aku minta nomor hape dari temennya dan beruntung dibales cepat. Aku dikasi nomor hapenya dan langsung nelpon tanpa babibu..

'Halo..' terdengar suara perempuan menjawab. Di sana terdengar suara yang cukup berisik dan agak rame.

'Halo..Ini *nama disensor* ya?'

'Iya betul. Ini siapa?'

'Ng.. masa gatau aku siapa?'

'Oh..'

'Apa? Tau?'

'Iya. Tau.'

'Ng.. Selamat Ulang Tahun ya. Semoga...' 

Aku lupa apa aja yang aku bilang, pokoknya gerogi banget. Bahkan saking geroginya aku gak peduli sama pohon pisang ini yang kabarnya sering ada Pocong.

'Eh iya.. Amin. Makasi ya.' jawabnya lagi. Suara yang aku tau persis itu dia. Gak mungkin salah. Suara yang sama. Suara yang aku rindukan.

'Ohiya, nanti aja telpon lagi ya. Lagi rame soalnya. Hehe.'

Karena sayup-sayup aku dengar ada yang nyanyi selamat ulang tahun, aku langsung merespon, 'Abis disurprisein ya? Yaudah, nanti aku telpon lagi. Daah.'

Tut.

Panggilan aku akhiri. Ada lega yang tak dapat digambarkan dengan jelas di dalam hati. Berbicara dengannya lagi, walaupun gak secara langsung, udah  buat aku merasa senang. 

Jujur, dari dulu aku pengen banget ngobrol sama dia. Tapi aku gak berani. Aku hanya terus menunggu momen terbaik buat ngomong sama dia. Aku rasa momen di hari ulang tahunnya ini adalah yang paling tepat. Karena rasa bahagianya mungkin akan menutupi kebencian yang ada. Sehingga kemungkinan aku akan dimaki-maki dan dilempar duit ala bu Dendy akan berkurang.

'Ngapain Ndi?' terdengar suara temen aku dari rumah.

'Abis nelpon.'

'Jangan lama-lama di sana, nanti kesurupan.'

Aku pun segera berjalan dan kembali ke kamar. Di kamar temen-temen cowok udah kepo abis-abisan. 'Nelpon siapa tengah malem gini?'

'Teman. Dia ulang tahun.'

'Ooh.. terus kok kayaknya senang banget gitu. Nelpon biasa apa phonesex?'

'Bangsat.'

'Hahaha. Cerita dong.'

'Nggak ah, geli anjir curhat-curhatan sama batangan.'

'Iya juga ya. Yaudah sih, keluar yok cari kopi.'

Aku mengangguk.


Jam 2 dini hari, pas aku lagi ngopi dan main batu domino sama temen-temen seposko, ada sms masuk. 'Makasih ya Andi. Maaf tadi.. aku baru aja selesai.'

Dari dia. 

Oh baru kelar acara perayaan ulang tahunnya. Aku balas sms itu dengan, 'Iya gapapa. Nanti kalo ada waktu luang aku boleh telfon lagi gak? Soalnya belum sempat ngomong apa-apa.'

Paginya dibales, 'Iya boleh kok.'

Aku yang baru bangun jam 10 pagi pas ngeliat kotak masuk ada sms gituan langsung bantai, 'Kegiatan kamu hari ini sampai jam berapa?'

'Aku baru selesai sosialisasi. Sekarang boleh.'

Langsung deh aku beli paket telfon, dan nelfon dia. Aku gainget ngomongin apa, tapi kalo gak salah yang dia ceritain tentang kesibukan dia di kantor desa, terus ada turnamen voli di desanya, tetiba obrolan kami harus dihentikan karena dia mau ke lapangan voli buat jadi wasit atau tukang catat skor gitu lupa.

Malemnya aku beraniin sms lagi. 'Boleh telfon lagi? Sayang paketku, tadi siang baru ngomong sebentar.'

Sungguh alasan yang cemen. Bilang aja kek, aku masih pengen ngobrol sama kamu, kangen, udah lama enggak. 

Aku inget waktu itu lagi di kota, makan minas dan main batu domino seperti biasanya sama temen seposko. Aku ngundurin diri dulu dari permainan cuma buat nelpon.

Percakapan malam itu cukup lama, sekitar satu jam lebih, diakhiri karena batre hapenya mau habis. Percakapan yang gak akan pernah aku lupakan.

'Aku tau kok selama ini kamu mau minta maaf, tapi ga berani. Pernah di kantin kamu diem-diem nengokin aku. Kayak mau nyamperin tapi ujung-ujungnya gak jadi.' ujarnya di pertengahan pembahasan.

Dalem hati aku, 'Waduh tau ya dia.'

'Eh, ng. Iya. Aku gak berani, jujur aku takut, karena aku tau aku banyak salah.'

'Kamu tau salah tapi gak berani minta maaf.'

'Iya, maaf.'

'Intinya sekarang aku udah gak ada masalah lagi sama kamu, aku udah maafin.'



Kira-kira gitu deh intinya. Kalau aku ketik semua panjang pak. Tapi aku lupa menanyakan suatu hal. Jadi aku sms dia setelah telpon itu berakhir.

'Aku masih bisa gak cerita sama kamu kalau ada sesuatu, ya kayak dulu?'

Iya aku bener-bener pengen bisa kembali kayak dulu. Balesan pesan tadi segera datang, dan benar-benar sesuai sama yang aku pikirin : 'Nggak.'

Aku pengen mati aja.



Aku lupa ntah besoknya, entah di hari yang sama, tapi kalo di liat di hape aku tanggal 7 Agustus jam satu siang. Dia sms, 'Maaf.' 

Aku jawab, 'Maaf kenapa?' Lalu tidak dibalas~~~



Seminggu berlalu.



Aku iseng nge-sms dia lagi, pen ngebuktiin kita ini saling maaf untuk menjalin silaturahmi lagi, atau untuk melegakan hati dan lanjut saling pergi.

'Kamu sehat?' 

Terkirim. Sungguh hal tertolol untuk memulai percakapan.

Aku ngirim 14 Agustus. Dibales 15 Agustus. Nggak masalah sih, mungkin di desanya gak ada sinyal.

Jawabannya singkat.

'Ini siapa?'

Deg.

Aku cuma punya satu nomor hape. Gak pernah ganti dan itu nomor yang sama dengan saat terakhir kali. Jadi... cuma ada satu kemungkinan. 

I don't have to mention it here. But you all already knew.

Aku gak punya pilihan lain.  

Aku balas pesan itu dengan rasa hati yang campur aduk.


'Ini udang sungai.'

Sent.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar