About Me

Foto saya
Hanya orang biasa yang menyempatkan untuk berkarya.

Jumlah yang sudah singgah

Senin, 15 September 2014

Ngampus itu...

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh!!!

Akhirnya berjumpa lagi dengan saya Makhluk Terganteng Se-Jagad Raya versi On The Spot spesial Jumat Kliwon. Kali ini aku mau cerita-cerita tentang pengalaman seminggu pertama di dunia perkuliahan.

Sebagaimana yang kalian tau, sekarang aku kuliah di Universitas Riau, sebuah perguruan tinggi negeri yang berada di kota Pekanbaru. Aku kuliah di jurusan yang lumayan menyimpang dari jurusan pas SMA, yaitu Akuntansi padahal dulu aku anak IPA. Yah namanya juga manusia, keinginan dan ketertarikan bisa berubah-ubah kan setiap waktunya. Meski dulu udah 2 tahun di IPA, tetap aja bisa kuliah di jurusan Akuntansi yang merupakan spesialisnya anak IPS. Ibaratnya kayak orang yang udah pacaran lama, tapi tiba-tiba ngeliat ada yang lebih menarik dikit, eh langsung deh ninggalin yang lama. Hmm...

Sebenarnya kuliah itu asik-asik aja kalau kampus aku gak di Panam. Buat kalian yang gak tau, jarak dari rumah aku (Rumbai) ke Panam itu JAUUUH BANGET. JAUH! Kayak temen deket yang baru punya pacar, JAUH! Saking jauhnya ya, kalau orang gundul pergi dari Rumbai ke Panam, sesampainya di sana, rambut mereka udah bisa dibikin gaya Andika Kangen Band. Maka dari itu aku bercita-cita buat mindahin kampus ke Perumnas.

Belum lagi nih ya di perjalanan itu kita bakal duel dan balap-balapan sama truk. Itu Marc Marquez aja mikir lima kali buat duel di sana. Makanya sampai sekarang MotoGP gak pernah mau balap di sirkuit Rumbai-Panam. Udah gitu jalannya jelek abis. Lubangnya unpredictable banget. Jadi selain balap sama truk, di perjalanan juga bisa main tebak-tebakan lubang. Bisa juga sambil mempertajam IQ karena di tiap pergi, otomatis kita berusaha menghafal tempat-tempat lubang supaya dihindari pas besoknya. Gimana? Asik kan jalan Rumbai-Panam?

Paling nyebelin kalau udah kejebak lampu merah berkali-kali. Apalagi di simpang SKA yang lampu merahnya dua menit lebih. Saking lamanya, kemarin aku gak sengaja liat orang sebelah malah sempat-sempatan cukuran jenggot. Tapi gak masalah selagi lampu merah kan kita gak bisa ngapa-ngapain juga. Nah kalau lagi di lampu merah gini entah kenapa pasti ada aja orang gak sabaran yang suka ngidupin klakson padahal lampu merahnya masih nyisa 2-3 detik lagi. Kalau udah hijau sih gak apa dia nglaksonin. Kalau ada orang gini nih biasanya aku bukan malah tambah gerak cepat, makin aku lambat-lambatin iya. Gak sabaran amat. Dikiranya nginjek kopling, masukin gigi perseneling, nurunin rem tangan, gas pelan-pelan, bisa dilakuin secepat kilat apa. 

Kira-kira gini nih perjuangan ke kampus.

Jadi gitulah, di jalan aja udah bikin sakit hati. Di kelas juga beda tipis. Di minggu pertama ini aku akhirnya ketemu juga sosok yang pasti ada di setiap dunia perkuliahan. Yaitu tipe Najis. Gimana sih tipe najis ini? Oke, jadi tipe najis itu adalah tipe orang yang paling sibuk ngejawab semua pertanyaan dosen plus ngajuin pertanyaan ketika jam belajar udah mau abis. Lebih lagi kalau ada tugas dia ngerjain sendiri, ngumpul duluan, padahal pas tadi ditanyain katanya dia nggak ngerti atau belum selesai. Kan kampret. Tapi aku positive thinking aja. Mungkin dia mau Cum Laude di semester satu.

Tapi dari semua hal di atas setidaknya ada satu yang bisa bikin aku seneng: cewek akuntansi cantik-cantik. Udah gitu ramah-ramah pula. Pernah sih sekali aku gak sengaja bisa deket sama cewek paling diincer sama anak seangkatan plus senior-senior. Waktu itu kami sekelas, dan secara indah dia duduk di sebelah aku. Mungkin karena aku ganteng, eh dia nyapa aku duluan, cerita-cerita dan rupanya nyambung. Dosennya pas banget telat masuk. Nah dia gerah juga kan karena nungguin di ruangan yang cuma ngandelin kipas angin karena AC dua bijik cuma dijadiin AC-soris (baca: Aksesoris). Langsung deh dia ngajakin aku ke kantin. BERDUA, MEN! BERDUA! Pas aku nemenin dia, aku berasa dipelototin sama orang-orang. Aku tau apa yang dalam pikiran mereka, "Kok bisa ya kadal papua berduaan sama bidadari surga?" Dan jujur, itu momen paling gak asik banget. Eh dianya nyantai banget dan gak pedulian sama orang-orang yang ngeliatin kita. Pas aku ngajak balik ke kelas, eh dia malah nawarin nraktir aku. Sebagai laki-laki sejati, ya kalau cewek mau traktirin gitu kan aku... gak bisa nolak. :\

Ya setelah kejadian itu, aku akhirnya makin sering dideketin senior yang kepoin gitu. Lah si Dia lebih parah lagi. Tiap hari adaaaaa aja senior yang ngangguin dia, ngehukum lah, apa lah. Pokoknya ada aja salahnya. Makanya kalau jadi Mahasiswa Baru, jangan cantik-cantik banget. Dan khusus buat aku, kalau jadi Mahasiswa Baru, jangan sok-sokan ke kantin berduaan sama cewek paling diincer. Repot kan urusannya.

Oke jadi gitulah pengalaman seminggu pertama kuliah. Pokoknya setiap Selasa aku bakal nulis post baru, karena cuma hari Selasa aku free dari urusan perkuliahan. Thank's for reading! See you on next Tuesday!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar